Minggu, 18 Januari 2015

What Zen Thinks about Touhou Koumajou Densetsu, Touhou Mother and Wandering Souls ? (Fan Games)

Touhou sebuah franchise yang sudah sangat terkenal terutama di Jepang. Sebuah game Bullet Hell dengan karakter-karakter yang mayoritas cewek baku tembak dengan sihir-sihir dan di akhir cerita semuanya berpesta dan minum teh bersama.

Tapi, saya tidak akan review the official game dari ZUN, tapi saya review adalah fan games yang menurut saya lebih menarik, dan game Bullet Hell is not my cup of tea.

1. Koumajou Densetsu atau lebih terkenal dengan sebutan Touhouvania.


Koumajou Densetsu punya dua seri, seri pertama kita memakai Reimu dan Seri kedua memakai Sakuya.  Saya tidak akan terlalu menjelaskan sistem gameplay-nya karena benar-benar seperti castlevania Dracula X Chronicle. Di game kamu bisa pilih map, power up, dan juga assist yang merupakan karakter-karakter dari Touhou.



kontrolnya sangat mulus seperti layaknya Symphony of the Night, karakter-karakternya asik, dan ceritanya tentu saja siapa lagi kalau bukan Remilia sebagai Final Boss mengingat dirinya adalah Vampire, bahkan di game Touhou Mother kalian akan melihat referensi Castlevania di sana.

Sesuatu terjadi hingga membuat Remilia go mad, karena itu kita harus menghentikannya. sepanjang perjalanan kita bertemu orang-orang yang jadi boss dan juga ada beberapa yang membantu menjadi assist.

Grafik dari game ini pun dibuat tone yang sama dengan Castlevania, selain itu musik-musiknya keren-keren.


Walau sangat castlevania-ish, game ini tidak melupakan cita rasa Touhou yaitu bullet hell yang cantik... yah patternya cantik tapi tidak cantik untuk dihindari.  Tingkat kesulitannya tidaklah main-main apa lagi jika main versi hard mode.

Musuh-musuh di game ini menarik di lawan, mereka menantang dan asik dilawan.  Dialog-dialog di dalam gamenya masih memegang Touhou Humor. Pembuat game ini benar-benar tahu tentang bagaimana kehidupan Gensokyou juga bagaimana cara mereka untuk berinteraksi...

Fight first, we talk later.


Setiap karakter di desain badass dan tampak menacing, intinya sangat keren.

Touhou : Koumajou Denstetsu is Worth Your Time.



2. Touhou Mother


Touhou Mother adalah unofficial crossover antara Touhou dan Mother Franchise sebab ada Lucas dan Claus tidak cuma karakter Touhou saja.  Game ini bercerita tentang Reimu mengalami masalah dengan kuilnya, dia harus mencari melody-melody yang tersebar di Gensokyou dan melakukan perjalanan yang sangat bizarre, trippy, aneh, absurd, dan surreal.  Jika kalian tahu Mother series atau lebih dikenal dengan sebutan Earthbound kalian tahu apa yang saya maksud.

Grafiknya benar-benar tone yang sama dengan Mother Franchise.


Story dan writing game ini bagi saya sangat-sangat pintar, karakter-karakternya fleshed out dengan sangat baik, setiap karakternya pun punya cara-cara ngelawak dengan unik.  Tidak cuma karakter, dungeon, desain, reference, dan parody di game ini bikin saya ngakak tidak main-main.

Castlevania, R-Type, Metroid, Metal Gear di referensi dengan ciamik di sini. Story-nya pun tidak lelucon terus-terusan, ada saat-saat dimana heartwarming bahkan mengharu biru.

Battle sistemnya seperti layaknya Earthbound atau mother series.

Dimana kalian bertemu musuh-musuh paling aneh di dalam RPG


Setiap karakter punya skill masing-masing yang kekuatannya ditentukan oleh sebutan Alpha, Beta, Gamma, Omega, Sigma dan lain-lain.



HP di game ini turun secara berkala, jika kamu bisa isi HP-nya sebelum 0 maka dia bisa diselamatkan.  Animasi-animasi attack tidaklah terlalu impressive dan agak repetitif. Namun, game ini kuat di story-nya.


Touhou Mother tidak mengambil sistem membunuh musuh maka kau dapat uang.  Karena game ini tidak terlalu mengandalkan Shoping weaponry, mayoritas senjata yang didapatkan dari treasure yang tersebar di Gensokyou.

Jika kalian suka game RPG absurd atau penyuka Mother series in general pastikan kalian coba game Touhou Mother karena game ini sangat bagus dan wajib dicoba.

That why, Touhou Mother is... AMAZEPIC!


3. Touhou Wandering Souls


Touhou Wandering Souls adalah game Hack n Slash dengan elemen RPG. Gamenya sendiri agak-agak kayak Megaman tapi kamu bisa dapatin harta karun, upgrade senjata, dan juga leveling up.

Cerita Wandering Souls adalah Reimu menemukan souls yang mencurigakan dan memutuskan untuk mencari souls-souls tersebut untuk mencari tahu apa yang ada di baliknya.  Sepanjang perjalanan, tugas player adalah mencari setiap souls yang tersebar di seluruh Gensokyou yang berada di stage-stage

Setiap memenangkan satu stage akan mendapatkan 1 souls, tapi setiap stage ada side quest yang bisa dimenangkan untuk mendapatkan souls lainnya.

Gameplay-nya adalah hack n slash dimana karakter melewati setiap stages, bunuhin musuh-musuh dengan serangan atau skills.


Setiap senjata punya skill masing-masing dan efek masing-masing.  Asesoris ditentukan oleh empat elemen, air, tanah, udara dan api sebagai kategori asesorinya.

Setiap asesoris bisa level up dan meningkatkan efeknya, weapon pun demikian, setiap level up akan menambah stat, efek, juga membuka skill baru.

Musuh-musuh pun menantang dan juga masih memberikan feeling bullet hell,

Di dalam game terdapat tiga karakter utama, Reimu, Marisa dan Sakuya serta satu karakter rahasia yang bisa didapatkan jika berhasil menamatkan game.

Terdapat dua jenis serangan spesial di game ini, ada Special Attack dan Spellcard attack dan masing-masing punya meter.  Boss-nya pun asik dan menantang.  Beberapa bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan plot, *inikan touhou*

Setelah tamat pun ada quest tambahan yang menambah replay value.

Touhou Wandering Souls make You want through this again.


Jadi, jika kalian tertarik dengan Touhou tapi tidak terlalu suka dengan bullet hell, ini bisa jadi alternatif untuk memasuki dunia Gensokyou.

Terima kasih sudah membaca review ini dan sampai jumpa hingga saya memikirkan sesuatu yang lain lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar