Senin, 23 September 2013

What Zen Thinks about Buku Pintar Cewek Juara? (Buku Motivasi)

There's a lot Motivation books outhere. But this one is special for me because I got from the writer directly. Zivanna Letisha Siregar.


Buku Pintar Cewek Juara
Ditulis oleh Zivanna Letisha Siregar
Editor : Patresia Kirnandita
Penata Letak : Gita Ramayudha
Desain Sampul : Levina Lesmana
Ilustrasi isi : Oktarina Lukitasari

Hei, kenapa saya yang cowok mau mikirin buku dengan cover pink dan bahkan dengan jelas-jelasnya terpampang itu adalah buku cewek dari judulnya.

Bermula saat seminar bedah buku di UNIBA, kami kedatangan seorang tamu istimewa yaitu sang penulis sendiri, Mbak Zizi (panggilan Zivanna Letisha) Putri Indonesia tahun 2008 dan Miss Universe Favorite tahun 2009.  Whaw, rasanya pengalaman yang menakjubkan bisa bertemu langsung, lebih-lebih lagi saya beruntung karena bisa langsung mendapatkan tanda tangannya. :D

Buku ini adalah sebuah buku motivasi untuk cewek khususnya, tapi sebagai cowok saya tetap merasa buku ini juga memberikan banyak hal untuk saya.  Motivasi-motivasi yang ada di dalamnya bisa diterima oleh siapa saja tidak terbatas pada gender tertentu.

Format yang digunakan dalam buku ini adalah pink, mayoritas warna yang ada di novel ini adalah pink.  Ilustrasi di dalamnya pun terkesan cute yang menggambarkan bagaimana kisah hidup sang Zizi.  Zizi menceritakan bagaimana dirinya sebelum menjadi seorang Miss Indonesia, bagaimana dia melalui masa-masa tersebut, namun setiap cerita itu, buku ini lebih fokus bagaimana Mbak Zizi memberikan motivasi bagi pembaca bagaimana meraih impian.

Buku ini banyak kuisioner yang bisa diisi pembaca.


Buku ini mengajak pembaca untuk berani berkompetisi itulah intinya.  Bagaimana membangun movitasi, mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi, membuat daftar keinginan untuk membuat pembaca berusaha untuk mengejar apa yang diinginkan.  Bagaimana menghadapi pujian, bagaimana menghadapi kritik, berinteraksi dengan orang lain, bagaimana menyikapi teman dan lawan. Begitu banyak hal di buku ini yang menarik untuk di baca.

Buku ini juga mengajarkan bahwa saat mengejar apa yang kita inginkan, menikmati perjalanan hidup.  Sebab, jika dinikmati maka lebih banyak pengalaman yang didapatkan dan lebih berwarna.

Tampilan buku yang ramah, bahasa yang menarik, layout yang nyaman dilihat, fitur-fitur yang membuat pembaca terasa diajak untuk ikut di dalam buku, ilustrasi yang imut (thanks to Oktarina Lukitasari), buku ini juga bahkan di endorser oleh salah satu Miss Universe.  Seolah saat membaca ini, pembaca akan merasa bahwa Mbak Zivanna ada di samping pembaca dan memberikan motivasi secara langsung bagaimana mencapai hal-hal besar dalam hidup.

Tidak sekedar mencapai cita-cita loh yang harus diutamakan dari buku ini untuk dicapai,  tapi mempertahankan diri setelah cita-cita itu tercapai juga tidak kalah penting.  Sebab, tidak ada kepastian bahwa cita-cita itu bertahan, justru godaan-godaan banyak terjadi di masa-masa kejayaan kita tersebut. Itulah yang amat menarik dari buku ini tidak sekedar kejar cita-cita.

Karena itu bagi siapapun yang masih bingung bagaimana menejemen dalam mencapai cita-cita, motivasi, apa saja yang perlu dipersiapkan, sikap yang sebaiknya dilakukan setelah mencapainya.  Karena itu saya amat rekomendasi buku ini.

Siapa tahu setelah baca-baca buku ini, lalu kalian isi kuisionernya.  Setelah beberapa tahun, kalian buka lagi dan lihat apa saja yang kalian sudah capai, tidak ada yang lebih memuaskan melihat apa yang kalian tulis di kuisioner buku ini tercapai dalam kehidupan kalian.

Saya tidak akan beri Verdict untuk novel ini, karena ini bukan novel, cerpen, atau karya yang bisa saya komentari sepenuhnya.

Jadi apa kalian sudah pernah baca buku ini, jika sudah lakukan saja yang disuruh Yui di samping =>

Terima kasih sudah membaca review ini, sampai jumpa sampai saya memikirkan sesuatu hal yang lain lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar