Jumat, 05 April 2013

What Zen Thinks about Castlevania : Curse of Darkness?

Castlevania adalah sebua franchise yang sampai sekarang masih hidup dan terus dibuat yang baru.  Dari Nintendo Entertainment System sampai konsol modern.  Namun, kali ini saya akan membicarakan tentang salah satu Castlevania di PS 2.  Curse of Darkness.

Castlvania Curse of Darkness
Publisher : Konami
Developer : Konami

Castlevania COD, bukan Call of Duty.  Tapi, Curse of Darkness :v

Bersetting pada tahun 1479 yaitu tiga tahun setelah Castlevania III : Dracula Curse.   Hector adalah Devil Forgemaster yang berada di bawah perintah Drakula, lalu dia berkhianat dan hidup tenang bersama tunangannya Rosaly.  Namun, Rosaly terbunuh dan pelakunya adalah Isaac yang juga Devil Forgemaster.  Akhirnya Hector pun melakukan perjalanan untuk mencari Isaac dan membalas dendam atas kematian kekasihnya dan kembali terjebak di dalam Kutukan sang Kegelapan.  Hingga kembali harus mengetahui sang Drakula akan bangkit kembali.  <--- ini sudah berapa kali terjadi dan tidak ada habisnya.  :D

Oke, mari kita bicarkan soal grafiknya.  Untuk PS 2 tentunya kita sudah bersiap untuk mendapatkan 3D gameplay dan tidak Sidescroller yang sudah menjadi ciri khas Castlevania.  Tentu saja, hal yang cukup sulit mempertahankan franchise Castlevania dari Sidescroller menjadi 3D adventure. Namun, untuk COD tetap berhasil mempertahankan Franchise tersebut dan bahkan menambah banyak elemen baru di series ini.

Hector bisa menangkis serangan, menghindar, serangannya punya kombinasi yang bagus.  Persegi empat untuk serangan biasa, sementara Segitiga untuk serangan yang kuat.  Hector pun awalnya hanya menggunakan pedang seperti layaknya Alucard di Castlevania : Symphony of Night.  Bahkan tampaknya saya merasa Hector dan Alucard punya koneksi apa lagi game ini bersetting 3 tahun setelah Castlevania III dimana yang menjadi pertama kali Alucard muncul.

Fitur yang paling menarik menonjol dari COD adalah membuat senjata dengan cara menggabungkan material dengan senjata lain.  Hal ini agak-agak similar dengan combine di Vagrant Story.  Dimana kita mencari bahan-bahan di perjalanan dan mencuri dari musuh.  Yah, Hector bisa mencuri barang dari musuh.  Bisa mendapatkan uang, item, senjata, dan material.

Salah satu fitur yang sangat menarik adalah Hector punya Devil ID atau Innocent Devil dan lebih mudahnya kita sebut Pet yang setiap type-nya punya efek pada penambahan stat untuk Hector. Ada enam tipe Innocent Devil yang ada di dalam game.  Fairy type adalah support Type, Battle Type untuk Melee combat, Bird Type untuk menyerang dari udara, Mage Type untuk menyerang jarak jauh, Devil Type adalah yang terbaik karena Devil Type seperti layakya gabungan dari Battle Type dan Bird Type, ditambah dengan satu bonus Innocent Devil yaitu Pumpkin yang unik.



Innocent Devil pun punya level sendiri yang akan terus meningkat dan lebih cepat dari pada sang karakter sendiri.  Tidak cuma bisa naik level, Innocent Devil pun bisa evolusi layaknya Pokemon atau Digimon tergantung dari berapa banyaknya Cristal evolusi yang didapatkan. 

COD tidaklah menetap di dalam sebuah kastil luas, tapi tempatnya bervariasi.  Ada di hutan, gunung dan lainnya.  Setiap tempat tentunya punya boss yang menantang untuk dilawan ditambah kalau penggunaan Innocent Devil juga menentukan bagaimana jalannya pertarungan.  So, make sure you prepared.


Pertarungan paling menarik adalah saat melawan Isaac dan Trevor Belmont.  Dua musuh itu memang kuat dan gesit.  Apa lagi Isaac yang juga punya Devil Type Innocent Devil.  Yah, pertama kali kamu melihat Devil Type adalah milik Isaac.







Kalian lihat tombak Isaac itu? Itu adalah tombak terbaik di sepanjang game.  Lebih kerennya, yah kamu bisa mendapatkannya.  Dengan kombinasi senjata yang pas. Maka tombak Isaac itu bisa kau gunakan.  Pedang sendiri punya tiga tipe, pedang biasa, rapier, dan broadsword yang setiap tipe punya sistem serangan yang berbeda.  Kapak pun punya dua tipe, Kapak biasa punya gaya serangan yang sama seperti layaknya pedang, sementara Kapak besar punya gaya serangan sendiri.  Selain pedang, tombak dan pedang, ada pula joke weapon.  Seperti Shuriken, bom, Spike shield bahkan penggorengan dan sapu pel. :D Oh ya, satu tambahan lagi.  Bahkan ada beberapa Innocent Devil yang hanya bisa berevolusi jika menggunakan senjata tertentu.  Seperti untuk mendapatkan final evolution dari Devil Type, kamu harus gunakan tombak Isaac.

Banyak sekali hal-hal keren dari COD, aku merasa bahwa game ini benar-benar seru dari awal sampai akhir. Aku begitu menikmatinya, tapi ada beberapa hal yang amat mengganggu di game ini.

Yaitu.... Stealing!  yeah, mencuri adalah bagian tersulit dalam game ini, sementara kamu butuh untuk mencuri karena mayoritas bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat senjata adalah dari Stealing!  Untuk Stealing kamu harus fokuskan karaktermu alias lock-on.  Maka terbentuk lingkaran berwarna kuning, dan di beberapa aksi yang dilakukan musuh akan membuat lingkaran itu berubah menjadi ungu. Itulah saat untuk mencuri.  Beberapa musuh memang mudah untuk membuka trigger itu, tapi banyak juga yang bisa bikin frustasi.  Ada musuh yang kamu harus steal saat dia melakukan jurus serangan, ada pula yang hanya bisa dicuri jika kamu bisa parry serangannya. So, stealing is important, but also pain in the ass!! 

Lebih parah lagi kalau yang harus kamu steal adalah boss.  Yeah, ada salah satu boss yang harus steal untuk mendapatkan kapak terkuat.

Karakter Julia adalah shop juga storage untuk Innocent Devil.  Tapi, saya merasa shop-nya tidaklah terlalu berguna.  Dia hanya menjual item-item biasa dan bahan-bahan dasar.  So, Shopping is not important in this game, but stealing is! 

Oh ya, game ini juga punya sistem yang aman membantu di mana karakter bisa teleport ke tempat save atau ke tempat Julia/shop kapanpun (kecuali saat lawan boss) jika kau memerlukannnya.  Itu ide yang bagus.  Mengingat game ini punya map yang amat luas.  Game ini hanya punya satu ending, tidak ada semacam sidequest, jadi amat linear.  Eksplorasi di sini hanya untuk mendapatkan item-item tersembunyi dan hanya bisa diakses dengan kemampuan Innocent Devil tertentu.

Story pun tidak terasa begitu kuat.  Cukup stereotype dari game-game castlevania.  Sang Drakula bangkit, sang hero harus mengalahkannya.

Untuk Replay ability... Game ini punya sesuatu yang amat sangat membuatmu ingin memainkannya sekali lagi.  Karena kamu bisa pake Trevor Belmont dan dia punya cambuk keren.  Light Whip! dan dia sistemnya lebih simpel karena tidak ada lagi Innocent Devil juga senjatanya tidak perlu combine material macam-macam, tapi skill Trevor sangatlah bagus.


Oke, itulah Castlevania COD.  Sudah waktunya Final Verdict untuk Curse of Darkness adalah 8/10This is a Great Game.  Banyak fitur-fitur yang keren. Jadi, jika kalian bisa mendapatkannya.  Belilah dan mainkan, game ini tidaklah mengecewakan.

Jika bisa, saya harap kalian follow blog ini dan komenlah pendapat kalian.  Kalian juga bisa komen di twitterku.  Add saja @ZenHorakti dan komen di sana. 

Sampai jumpa hingga saya memikirkan sesuatu hal yang lain lagi. 

3 komentar:

  1. gambar tombak Isaac-nya kok ga keluar? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh, kan ada tuh dipegang sama Isaac. Lihat gambar si Hector dan Isaac mau bertarung. Si Isaac pegang tombak kan?

      Hapus
    2. masih ga bisa .. ya gapapalah :3

      btw, ini ada gambar artwork keren dari artisnya game ini:

      http://25.media.tumblr.com/45de641c7fb6d9caed5aa6e4682e40b3/tumblr_mig6tplCC61r6co9xo4_1280.jpg

      Hapus