Kamis, 03 Oktober 2013

What Zen Thinks about Terra Formars? (Manga)

Kalian bisa berpikir manga ini adalah Rip-off dari Attack On Titan, tapi Is this worth read or not? Let's talk about it now.

Terra Formars
Ditulis oleh Yu Sasuga
Digambar oleh Keichi Tachibana
Diterbitkan oleh Shueisha

Terra Formars mengambil setting beberapa ratus tahun di masa depan. Dimana sebuah tim ekspedisi melakukan perjalanan ke Mars. Alasannya dua ratus tahun yang lalu, manusia berpikir untuk membuat Mars punya kehidupan dan mereka mengirim beberapa ratus kecoa ke sana. Tim Ekspedisi pun mendarat di sana dan berharap untuk bisa melihat bagaimana Mars di tahun 2577.

Di sana mereka bertemu dengan Kecoa yang tubuhnya besar, berotot, dan begitu kuat.  Bahkan adegan pertama saat bertemu kecoa adalah ini...


Kecoa-kecoa itu sangat suka membunuh manusia, lebih dari itu, mereka sangat suka membuat tubuh manusia hancur, they really love to smash human into pieces.  Seperti layaknya Titan yang hobi makan manusia.  Namun, di dalam Terra Formars alasan kenapa kecoa-kecoa berotot itu suka menghancurkan tubuh manusia sangat jelas dan dapat diterima oleh siapa saja. Semua terjelaskan dengan baik dan dalam tempo yang seharusnya alias tidak terlalu cepat, tidak terlalu lambat.

Kecoa-kecoa ini super kuat. Mereka dengan mudah menghancurkan tubuh manusia.  Terus bagaimana cara manusia menghadapi kecoa-kecoa ini?

Manusia melakukan transformasi.  Manusia yang dikirim ke mars adalah manusia spesial yang membawa kemampuan binatang lain di dalam tubuh mereka, dengan sedikit dari henshin maksudku Injeksi, mereka bisa berubah menjadi manusia hybrid yang punya kekuatan hewan yang ada di dalam tubuh mereka.


Karakter utama dalam cerita ini adalah Komachi Shokichi punya karakter yang unik. Dia orangnya ramah, kadang suka bercanda, namun juga memiliki masa lalu kelam. Setiap karakter di dalam manga ini berperan sangat baik, setiap karakter punya ikatan yang menarik.  Alasan mereka ikut dalam ekspedisi pun macam-macam.  Dari yang terkesan sepele, tentang persahabatan, romantika, bahkan karakter yang terkesan paling misterius justru memendam sesuatu yang sweet sekali di dalam masa lalunya.

Terra Formars punya karakterisasi yang sangat-sangat bagus.  Membuat pembaca bisa dengan mudah relate dengan karakter-karakter tersebut. Setiap karakter diberikan biodata singkat yang menceritakan sedikit masa lalu mereka, lucunya setiap cewek pasti diberi tahu ukuran dada mereka.  Fan service madafaka.

Salah satu fitur yang amat menarik dari manga ini adalah kemampuan khusus setiap karakter berbeda dan semua dijelaskan ibarat kamu diajak nonton Discovery Channel atau animal Planet. Hewan tersebut akan dijelaskan secara rinci dan jelas kekuatannya. 

Action di dalam manga ini juga mengagumkan. Tensinya diatur dengan sangat sesuai, walau nyaris dalam setiap chapter selalu penuh dengan blood boiling action. Tapi, semua dihandle dengan baik. Karakter-karakternya bertindak sesuai dengan watak mereka. Ada yang bertindak sesuai perasaan, ada yang berdasar logika dan penuh dengan momen emosional.


Jika kalian sudah merasakan yang namanya Attack On Titan, maka yang kalian rasakan di dalam manga ini tidak jauh beda. Manusia dibunuh secara masal dengan cara mati yang berbeda-beda. And just make sure you ready to see human tear apart.

Fatality!

Salah satu poin kenapa saya begitu menyukai Terra Formars adalah pace plot-nya sangat bagus dan tidak terkesan terlalu lama misterius.  Ingat AoT? Sampai buku ke sepuluh alasan Titan muncul dan doyan makan manusia tidak jelas? Tapi di sini alasan kenapa Manusia datang Ke Mars untuk melakukan Misi bunuh diri (seperti Hailstorm yang datang ke Reigner) punya alasan kuat, walau setiap karakter punya motif masing-masing. Alasan kecoa-kecoa suka hancurin tubuh manusia juga dijelaskand dan dapat diterima oleh siapapun.

Kecoa-kecoa pun bukan sekedar Mindless human Killer seperti mayoritas Titan yang sekedar memakan manusia.  Kecoa-kecoa ini belajar, setiap ada sesuatu yang manusia tinggalkan, mereka pelajari dan bahkan membaca strategi manusia.  Mereka memodifikasi tubuh mereka seperti layaknya manusia, pelan-pelan kalian akan melihat kecoa-kecoa khusus.  Seperti layaknya di AoT ada Collosal titan, Armored Titan.  Di sini ada juga kecoa-kecoa khusus yang memberi tantangan khusus juga pada manusia.



Karakter yang menarik, plot yang jelas, artwork yang mantap, story sains fiksi yang terkesan realistik, konsep yang menarik. Semua menjadi satu dalam Terra Formars.  Walau Manga ini masih On Going, sekarang baru sampai Volume enam.

Saya sebenarnya belum bisa kasih nilai penuh untuk Terra Formars, tapi untuk sekarang saya tidak ragu memberikan Terra Formars 10/10. This manga is Amazepic (Amazing because it's Epic). saya sangat rekomendasikan sama kalian.  Cuma saya peringkatkan, manga ini rating mature, ada nudity, sex scene, blood dan segala macamnya.

Jika kalian sudah membacanya, berikan komen dengan cara mengikuti apa yang dikatakan Yui di samping =>

Terima kasih sudah membaca review ini dan sampai jumpa hingga saya memikirkan sesuatu hal yang lain lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar