Selasa, 07 Mei 2013

What Zen Thinks about Omega Boost (PS1)?

Game Shooter apa yang paling kau suka? Third Point Shooter? First Point Shooter, Vertical 2D Shooter, Sidescroller Shooter, Space Shooter?  Jujur saja kalau saya. Sangat suka Vertical 2D shooter dan Sidescroller Shooter.  Kemudian saya dapat pemberitahuan tentang sebuah game PS 1 yang cukup Obscure yaitu Omega Boost!



Omega Boost
Developer : Polyphony Digital
Publisher : Sony Computer Entertainment
Genre : Rail Shooter

Omega Boost adalah Space Shooter, tapi dengan 3D perspektif. Karaktermu menggunakan sebuah mesin berbentuk manusia raksasa tentunya dengan membawa senjata besar di tangan kanannya dan dia juga bisa mengeluarkan homing missile.  Karakter yang menggunakan mobile suit seperti layaknya gundam.

Game ini punya sistem 3D membuat karaktermu bisa bergerak maju, mundur, intinya segala arah kau bisa kau jelajahi.  Sistem pergerakannya pun sangat memukau.  persegi empat untuk menembak, begitu juga silang. Jika kamu tidak menembak maka dengan membidik musuh, setelah sudah di lock-on, cukup tekan persegi empat maka dia akan menembakkan homing missile yang akan mengejar target.


Di pojok kanan atas ada health meter, di bawahnya ada jumlah Homing Missile yang bisa kau luncurkan.  Tenang, setelah kau gunakan dia akan reload dengan sendirinya dan cepat.  Di pojok kiri bawah ada radar yang sangat berguna karena untuk mendeteksi dimana arah musuh berada.


Nanti setelah menang dari sekian stage maka di atas Health meter, ada meter baru berwarna biru yang digunakan untuk eksekusi serangan khusus semacam final blow yang akan semakin banyak jika terisi lebih banyak.

Gameplay sendiri sederhana, tembak semua musuh dengan homing missile, di satu zone biasanya ada mini boss lalu zone boss.  Cukup mengalahkannya dan zone selesai lalu lanjut zone selanjutnya.

Sistem lock-on digunakan dengan menahan tombol L1, jika menekan tombol ini sang robot akan otomatis akan mengarahkan pandanganya di mana sang musuh berada, namun musuh tidak semata-mata locked alias terus terkunci sebagai sasaran.  Hanya kamera-nya saja langsung otomatis mengarah ke musuh, namun dalam membidik tetap dilakukan secara manual.  R1 adalah untuk menghentikan boost.  Karaktermu akan diam dan bisa memutar arah ke atas, ke bawah, kiri kanan, bahkan 360 derajat.  Jika tertarik memainkan Omega Boost dengan First Point Shooter, cukup dengan tekan select.

Sekarang kita bicarakan tentang challenge alias tantangan yang harus dihadapi oleh gamer yang memainkan game ini.  Game ini memang klasik, shoot them up, 3D perspektif.  But, it's hard son of b*tch!  Omega Boost tidak akan mendapat apapun di dalam perjalanan atau di tengah-tengah pertarungan alias zone untuk mengisi health meter.  Jadi, gamer harus benar-benar berskill untuk memainkannya, because this game is for someone who like challenge.

Musuh datang dari sisi mana saja, dan mereka datang benar-benar tidak main-main, dimana kamu bisa diserang tanpa henti dari segala arah.  Syukurnya ada kamera untuk melihat apa yang ada di belakangmu, so jika bicarakan soal control, maka game ini sangat bagus jadi soal control tidak akan masalah. Ini semua tentang bagaimana kamu memainkannya.

Level Desain pun dibuat memukau, kadang benar-benar di luar angkasa, kadang di sebuah planet, kadang di dalam sebuah mesin.  Sistem level ada yang free 3D ada yang seperti layaknya super robot Shooting di mana karaktermu bergerak terus maju dan harus menghindari rintangan, menembak musuh tanpa boleh berhenti sedikitpun.

Super Robot Shooting, ada pula sistem zone seperti ini di game Omega Boost


Bagaimana soal Boss?  Boss di game ini bisa bikin frustasi karena sulit bukan main.  Saya sendiri yang memainkannya berkali-kali meremas rambut karena betapa sulitnya game ini.  Lebih parah lagi kalau Health metermu sudah low dan kamu harus lawan boss yang sulitnya bukan main?  Saya main game ini easy, tapi tidak membuat saya mengatakan game ini gampang.

Dan jika kau mati maka kamu harus ulang lagi dari awal zone, no check point dan kamu hanya punya 5 kredit. Jika kredit habis. Maka kamu tahu apa yang akan terjadi.  So, game ini bukanlah tipe game yang bisa dimainkan semua orang yang mau wasting time.  Tapi, game ini mencari orang berskill yang siap hadapi tantangan 3D space shooter.

Saya memang belum tamat main game ini, karena ada boss yang sulit dikalahkan, dia punya health meter yang panjang, damage yang kita berikan kecil, lebih parah lagi ada time limit!  So, gimana cara ngalahkannya?  Aku tidak tahu, aku akan coba cara lain... *let's f**king cheat!

Oh ya tidak lupa musik di game ini bener-bener kick ass!

Sudah saatnya untuk Final Verdict, Omega Boost saya berikan 7/10 karena game untuk PS 1 dengan grafik yang bagus, challenging, control yang bagus.

Jika ingin mencoba pertama donlot emulator di sini! silahkan pilih platform yang mau di emulate...

ROM-nya bisa di donlot di sini!

Kalian bisa ikuti untuk bisa memperbaiki file ECM di emuparadise...

enjoy.

Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa hingga saya memikirkan suatu hal yang lain lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar