Rabu, 17 September 2014

What Zen Thinks about Rahasia Hujan? (Novel)

Wanita adalah racun dunia... Never be so right...



Rahasia Hujan adalah novel karya Adham T Fusama dan diterbitkan oleh Moka Media.  Saat mendengar novel ini, saya sudah tertarik, bukan karena si penulis adalah teman saya, atau nama penerbit. Tapi dari covernya itu sendiri. Rahasia Hujan punya cover yang catchy menurut saya, sebuah gambar Teru-Teru Bozu hitam-putih dan Merah yang menggenang darah ke tulisan Rahasia Hujan sebenarnya sudah membuat saya mendapatkan sebuah pikiran makna/arti dari cover tersebut terhadap isi cerita.

Beberapa cukup benar... mayoritas.  Covernya bermakna metaforis yang bisa kau pahami jika membaca bukunya itu sendiri.  Selamat untuk sang cover designer Fahmi Fauzi.  

Adham juga penulis novel Dead Smokers Club yang sudah saya review di blog ini.

Mari kita bahas novel ini...

Style bercerita atau story telling novel Rahasia Hujan memiliki gaya story telling dengan menggunakan POV 1 dan fokus pada karakter.  Dimana pembaca bisa merasakan sepenuhnya isi hati dan juga gejolak rasa karakter utama yaitu Pandu.  Gaya cerita seperti ini sangat pas untuk novel berjenis seperti ini. Karena bisa merasakan efek dan pola pikiran di dalam kepala si karakter utama sangat pas.  Diksi yang digunakan pun jelas, sederhana tanpa ada kata-kata yang begitu rumit untuk dicerna. Walau ada beberapa typo menurut saya novel ini bisa dinikmati bahkan pembaca kasual sekalipun.



Bicara soal karakter, novel ini hanya fokus pada empat karakter.  Pandu karakter yang Mr. Nice Guy di sini adalah karakter yang tidak begitu mencolok, tapi dia amat relatable.  Melihat segala kejadian dari sudut pandangnya amat asik sebagai karakter utama, at least dia adalah karakter yang amat manusiawi dan tidak seperti Yukiteru Amano (Mirai Nikki).  Kemudian Anggi yang saya bisa sebut sebagai Indonesian Yuno Gasai di novel ini adalah karakter yang menarik, berbeda dengan cewek itu, Anggi lebih tertutup, dan menyimpan banyak misteri di dalam sikap pendiamnya.  Dua karakter lain adalah Mamet dan Nadine. Mereka berperan baik di dalam novel ini, Mamet sebagai sahabat Pandu adalah karakter yang asik, sementara Nadine bisa dibilang sebagai Mrs. Nice Girl di sini yang justru membuat saya sebagai pembaca semakin relate pada si Pandu.

Plot di dalam novel ini amat simpel dan tidak begitu original. Arah jalan cerita cukup jelas dan bagi saya cukup predictable. Predictable bukan berarti buruk loh ya, Guardian of the Galaxy predictable tapi tetap saya anggap sangat bagus.  Namun, tetap saya berharap ada sebuah twist unik di dalam Rahasia Hujan dan sayangnya saya tidak menemukannya.  Semua cerita mengalir tanpa ada satu hal yang cukup turn point.  Tapi, tidak masalah kok

Bagi saya Rahasia Hujan adalah bacaan yang amat bagus. Cerita yang dibawa menarik, karakter yang di dalamnya relatable, plotnya jelas dan bisa dinikmati oleh casual reader.  Ditambah lagi ending yang menurut saya sangat menggetarkan hati.  Ending Novel ini sangat memuaskan.  Dimana rasa pembaca campur aduk.

Penulis adalah seseorang yang bisa membuat kita simpatik pada teroris, pembunuh keji, bahkan koruptor sekalipun. 

That's why I Say You Want Through This Again.  Saya rekomendasi bagi siapapun untuk membacanya.

keterangan Grade.

nilai 1-2 saya akan sebut This will torture your soul to the damn ini artinya apapun yang saya review adalah karya yang amat buruk dan jika kalian maksa buat mainin, nonton, ataubaca akan merusak jiwa kalian.

Nilai 3-4 saya akan sebut Just forget about this and continue your life without it Ini adalah sebuah karya yang tidak pantas diingat dan sebaiknya lupakan karena tidak berartialias buang-buang waktu untuk dilirik.

Nilai 5-6 Saya akan sebut It's good to time wasting artinya kalian bisa menikmati hal ini jika ga ada kerjaan, tidak ada tugas, hanya buat main-main dan tidak ditanggapi serius.

Nilai 7-8 Saya akan sebut This is worth it, Enjoy your time with it! Dengan kata lain karya ini pantas untuk kalian nikmati dan pantas kalian gunakan waktu kalian untuk merasakannya.

Nilai 9-9,5 Saya akan sebut You want through this again! Ini saya maksudkan bahwa karya ini pantas kalian baca lagi, nonton lagi, mainin lagi alias punya high replay value.

Sekarang untuk nilai tertinggi 10 saya akan sebut AMAZEPIC (It's Amazing because it's Epic) ini jelas sebuah karya yang menurut saya benar-benar pantas kalian nikmati dan sangat memorable.  Dapat nilai 10 bukan berarti karya ini flawless.  Tapi, saya cuma menegaskan bagian hal keren dari karya ini jauh lebih banyak dibanding yang jeleknya/flaw-nya.  Ibarat 11 hal bagus dan 1 hal jelek.

Terima kasih sudah membaca review ini sampai jumpa hingga saya memikirkan sesuatu yang lain lagi.

Terima kasih sudah membaca review ini. Oh ya, sebelum itu,

Ada sedikit spoiler di sini... jika kalian mau nikmati penuh ceritanya, Sebaiknya langsung tutup.

Awalnya saya melihat Anggi seperti Yuno Gasai dan berpikir penulis mendapat inspirasi dari sana, ternyata penulis sama sekali tidak tahu siapa Yuno Gasai. So, walau agak mirip itu kebetulan belaka.  
Sampai jumpa hingga saya memikirkan sesuatu yang lain lagi. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar