Sabtu, 09 Maret 2013

What Zen Thinks about Kirby 64 : The Crystal Shard?

Kirby 64
Developers : HAL, Labolatory
Publisher : Nintendo
Designer : Shinichi Simomura
Console : Nintendo 64






Aku sangat suka Kirby. Semenjak saya melihat karakter imut ini di serial TV.  Seingatku pernah ditayangkan di TV7.  Kirby adalah makhluk imut bulat dengan tangan dan kaki berwarna merah jambu.  Kadang saya berpikir sebenarnya Kirby ini laki-laki atau perempuan.  Tapi, menuruti Wikipedia, Kirby adalah laki-laki.

Kirby sendiri punya isu sebagai karakter paling kuat yang pernah diciptakan.  Kemampuannya adalah menghisap lawan dan mengkopi kekuatannya.  Sedangkan musuh yang diisap tersebut akan ditelan dan mengkopi kekuatannya.  Bahkan musuh yang punya tubuh lebih besar darinya pun bisa dia isap.  Entah perasanku saja, rasanya Kirby pernah menyedot Meteor yang begitu besar untuk menyelamatkan bumi.

Oke, itu hanya pembuka.  Sekarang kita masuk ke dalam game-nya.  Dibuka dengan sebuah planet yang dihuni oleh peri diserang oleh material jahat akan membahayakan Kristal utama.  Ribbon pun diminta pergi membawa kristal tersebut, tapi mengalami kecelakaan dan membuat kristal tersebut pecah dan terpisah ke berbagai planet.

Ribbon pun bertemu Kirby dan tentu saja Kirby bersedia membantu.  Dalam perjalanan Kirby bertemu dengan teman-teman yang awalnya dikendalikan oleh Dark Material, lalu menjadi teman sepanjang perjalanan.  Dia bertemu Waddle Dee, Adeleine, bahkan Raja De De De pun ikut membantunya yang sebenarnya adalah rival Kirby.


Untuk game play, game ini sangat menyenangkan.  Kirby bisa menghisap musuh dan mendapatkan power up.  Oke itu sudah biasa, sejak awal Kirby seperti itu.  Tapi, di game ini Kirby mampu mengkombinasikan dua dari power up menjadi sebuah kombinasi yang unik.  Seperti Api dan Boomerang akan jadi Pedang Api.




Hal ini membuat pemain ingin bereksperimen dengan mencoba berbagai macam kombinasi yang ada.  Jujur saja, bagi saya kombinasi terbaik adalah pedang api.  Bisa menyerang depan belakang, dan di atas.  bahkan pedangnya bisa dilempar.

Seperti game Kirby kebanyakan, Kirby bisa terbang dengan menyedot udara dan menjadikan dirinya seperti balon.  Namun, di dalam game ini kemampuan terbang Kirby terbatas, tidak seperti pada game NES, di sini dia bisa kehabisan nafas dan jatuh.



Desain level pun juga sangat bagus. Untuk 64 bit, game terkesan 3D tapi tetap saja, Side scroller.  Musuh-musuh pun bervariasi.   Menantang dan juga colorful.  Perjalanannya pun panjang, selain itu juga ada optional collectable untuk mengumpulkan semua crystal shard dan ini benar-benar sulit.  Karena banyak tempat-tempat begitu tersembunyi. Saya belum tahu apa yang akan didapatkan jika bisa mengumpulkan semuanya.

Teman-teman yang ikut dalam perjalanan pun ikut membantu dengan cara mereka sendiri.  Waddle Dee kadang membantu dengan ikut naik troley, Adeleine melukis power up untukmu, sementara Raja De De De bisa ditunggangi untuk melewati beberapa tempat yang membutuhkan palunya.  padahal Kirby bisa punya palu jika dia menghisap musuh yang punya palu.






Sekarang kita masuk ke tantangan.  Untuk tantangan, Kirby 64 cukup memberi tantangan pada gamer.  Level desain-nya memang bagus, penempatan musuh yang memang mengganggu, platform yang sangat menyebalkan.  Tapi, itu semua masih bisa dilewati dengan skill.

Boss Battle? Aku hanya merasa benar-benar tertantang untuk final boss, sisanya tergolong mudah.  Jika punya power up,  Maka mayoritas boss bisa dikalahkan dengan cepat.  Tapi, jika tidak, butuh sedikit taktik untuk bisa mengalahkan boss.

Ini adalah Boss pertama, Whispy Woods


Hal yang menyebalkan dari game ini adalah, beberapa tempat harus diakses dengan menggunakan kombinasi power up yang sesuai.  Power Up di game ini cukup terbatas, tidak seperti Kirby Super Star, di game itu benar-benar penuh power up. Sementara di sini, ada boomerang, api, es, bom, spike, strum, batu, kira-kira segini.  Saya tidak ingat semua, yang jelas tidak ada lagi Karate, wizard, UFO yang menjadi power up kesukaan saya.  Selain itu, gerakan-gerakan serangan dari power up kurang variatif, boomerang saja Kirby harus melepas sebagian tubuhnya menjadi boomerang.






Sementara di Kirby Super Star boomerang seperti ini...

Bahkan bisa melempar beberapa boomerang sekaligus.  Sementara di Kirby 64, jika melempar boomerang, maka Kirby akan Defenseless, dia tidak terbang, tidak bisa menyerang lagi.  sungguh menyebalkan, jadi kalau dapat kemampuan boomerang di Kirby 64, pastikan kombinasikan dengan yang lain.  Boomerang dengan listrik cukup bagus.  Kirby akan punya lightsaber...


Kombinasi power up sendiri banyak yang konyol dan lucu.  Kalian eksperimenlah sendiri. :3

Well, sekarang saatnya untuk Final Verdict.  Kirby 64 : The Crystal Shard adalah 8/10, game ini memang menyenangkan and really worth playing.  Memainkannya lagi setelah tamat pun, menyenangkan karena bisa mencoba mengumpulkan Shard lagi.

How to play

Jika punya N64, silahkan coba sendiri.  Tapi kalau mau mencobanya lewat emulator, pertama donlot emulatornya di sini

Untuk Game-nya bisa di donlot di sini.

Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa sampai saya memikirkan sesuatu yang lain lagi. 




2 komentar:

  1. dari dulu dah sering lihat karakter ini, tpi ga tahu namanya dan itu dari game apa :)) baru tahu sekarang~

    btw, mainnya roam 3D kek Sonic Adventure atau side-scrooling kek Megaman? :?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gamenya SideScrolling dengan grafis 3D...

      Hapus