Senin, 04 Maret 2013

What Zen Thinks about Love Plus?

Love Plus
Developers by Konami
Publisher by Konami
Producer by Akari Uchida
Platform Nintendo DS
Genre Dating Simulator (Sims)



Untuk Game NDS yang ukuran file-nya mencapai 250 MB, jelas game ini siap menyajikan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan game.  Yeah,  Love Plus hadir di NDS membuka cara baru untuk Dating Sims.  Merasa Forevel Alone, ga pernah ngerasain gimana sih punya kekasih?  Pacaran itu gimana rasanya? Bagaimana cara awal mendekati cewek?  Game ini akan memberikan semua itu.

Gamers selalu dikatakan susah cari pacar, tapi game ini justru membuat gamer bisa pacaran sama game-nya :v Jepang selalu punya ide baru, ya.  Apa lagi aku dengar ada yang sampai menikah dengan NDS-nya karena jatuh cinta banget sama salah satu cewek di sini.  -.-

Awal ceritanya dimulai dari karaktermu adalah murid transfer yang masuk kelas dua di sebuah sekolah.  Kemudian bertemu dengan tiga gadis yang punya potensi jadi kekasih karakter.  The choose is up to you.

Gambar di atas adalah Manaka Takane(Kiri), gadis ini seumuran dengan dirimu.  Seorang atlit tenis yang berbakat, dia gadis yang cukup unik, karena banyak yang bilang dirinya punya dunia berbeda dari kebanyakan orang lain. Karena itu sulit mendekatinya.  Dia termasuk cewek yang favorit di sekolah, dan punya daya tarik tersendiri.


Rinko Kobayakawa(tengah) namanya selalu membuatku teringat pada Kobayakawa Sena.  Seorang gadis yang agak kasar, tomboy, suka arcade, dia pendiam, rambutnya paling pendek dari yang lainnya.  Saya memilih gadis ini dalam game Love Plus saya, karena sifatnya mengingatkanku pada kekasihku Aulia. :p setiap kali main game memang selalu suka gadis tomboy.


Nene Anegasaki(Kanan) adalah seorang pelayan di sebuh restoran.  Dia adalah karakter yang dewasa, baik, ceria, lembut, dan begitu bisa diandalkan.  Namun, entah mengapa dia punya sesuatu misterius.  Saya tidak tahu karena saya tidak memilihnya.  Dia satu tahun lebih tua dari karaktermu dan punya sikap seolah-olah kakak bagimu :3

Dimulai dengan membuat nama karakter, jika kombinasinya benar, maka karaktermu bisa disuarakan oleh cewek-cewek yang ada.  Mereka akan memanggilmu sepenuhnya.  Tapi, tidak benar-benar bebas, ada nama yang harus diikuti hingga nama tersebut bisa disuarakan.

Hal tersebut bisa dilihat di sini

Lalu muncul sedikit intro saat karaktermu masuk ke dalam sekolah dan mulailah ceritanya.  Kemudian mayoritas game akan seperti gambar di bawah ini.



Game lebih banyak menggunakan klik atau touch screen.  Di mana karaktermu bisa memilih untuk
melakukan sesuatu demi menambah kemampuan Fitness, Intellegence, Sense dan Charm yang akan berpengaruh pada ketertarikan karakter padamu.  Kemudian muncul pilihan-pilihan yang akan menentukan lebih dekatnya karaktermu dengan cewek.  Semua terjadi berdasar event-event yang ada.  Jika jadwal yang kita pilih muncul gambar wajah karakter cewek seperti ini.








Seiring waktu berjalan, maka akan muncul event-event yang membuat karaktermu lebih mengenal gadis-gadis tersebut.  Tentang apa yang dia suka, apa yang paling dia tidak suka, tentang keluarganya, tentang hobinya, semua tentangnya kalian akan tahu.  Hingga kalian bisa menentukan siapa yang paling cocok untuk kalian. :3  That awesome right?

Tidak seperti Sims yang berinteraksi dengan ocehan-ocehan aneh.  Game ini akan bicara dengan full dubbing, kita bisa mendengar jelas suara karakter-karakter tersebut, juga bisa melihat jelas saat dia tersipu malu, marah, dan tertawa.  Mereka awalnya pasti menolak jika diajak pulang bersama, tapi pelan-pelan mereka akan mulai membuka hati dan menerima ajakanmu. Lalu saat berjalan bersama, akan membuka pelan-pelan karakter cewek-cewek tersebut.

 Sampai akhirnya nanti salah satu dari mereka akan menyatakan cintanya padamu, sekarang tergantung dirimu, siapa yang kamu pilih. Maka game akan ending.

Hah? Ending? Cepet banget?

walau cepat tapi game ini memang punya charm yang luar biasa.  Semua terjadi secara natural, terbentuknya karisma antar karakternya juga sangat memuaskan dan logis.  Bagaimana bisa mereka menyukai karaktermu, bagaimana mereka menunjukkan sikap mereka.

Eits... Itu belum akhirnya. walau secara cerita game ini sudah ending.  Tapi, itu bukan akhir permainan. Justru di sinilah semua dimulai.  Yups, akhirnya kamu punya kekasih.

Kalian masih ingat saat tamagochi begitu digemari? Di mana kita memelihara Tamagochi dengan sebuah alat kecil yang terus berjalan mengikuti waktu  nyata?

Yups, jika sudah punya pacar, maka karakter akan ada dua pilihan.  Real Time atau Skip Mode.  Pilih Real Time, karena jika Skip Mode, terlalu banyak hal yang dibatasi.  Hingga, fun-nya akan berkurang.

Setelah punya kekasih, maka bisa dipastikan, rasanya ingin bawa NDS kemanapun kamu pergi.  Karena kamu akan mau lihat apa saja yang dilakukan pacarmu.

Realtime, artinya semua benar-benar sesuai dengan waktu nyata, bahkan tanggal, waktu, akan sama persis.  Kalender yang digunakan adalah kalender Jepang, dimana akan ada libur musim panas, musim dingin, dan lainnya.

Dalam mode pacaran ini.  Kamu bisa kencan, bisa bertemu, berbincang-bincang, bermain bersama, saling telepon. Pokoknya terasa sekali seperti berpacaran.  Kamu bisa menyentuh kekasihmu dengan media Touchpad, mengelus rambutnya, mengelus pipinya, menyentuh telinganya... bahkan menciumnya dan membuatmu ingin mencium touchpad-mu. :D



Mencium pun, tidak semudah yang diperkirakan.  Karena ada prosesnya.  Yeah, kau akan tahu setelah memainkan game tersebut :3

Gadis-gadis pun tidak statik dengan baju yang sama terus.  Mereka akan menganti bajunya di event-event tertentu.  Saat kencan misalnya, saat kamu berkunjung kerumahnya, atau event lain.  Bahkan ada saat karakter bermimpi yang berhubungan kuat dengan bagaimana hubungan kamu dengan cewek tersebut.  Selain itu, kamu juga bisa date di berbagai tempat dan juga punya banyak sekali macam-macam kejadian yang membuka unlockable.

Walau mode Real Time sangat menyenangkan dan tidak statik, tapi Skip Mode juga menyenangkan.  Karena semua berjalan lebih cepat layaknya seperti sebelum karaktermu berpacaran.  Kalian bisa date sebanyak mungkin.  Tapi, semua terlalu statis dan begitu-gitu saja.  Tidak ada event-event yang berbeda, jadi agak kurang menyenangkan.

Begitu banyak fitur yang ada, membuat game ini akan terus menghibur pemainnya.  Punya NDS?  Pokoknya jangan ragu memiliki game ini.  Lebih-lebih jika main di NDS, maka kamu bisa.... bercakap-cakap dengan pacarmu secara nyata.

Hah? Kok bisa?

Yep, kamu bisa bercakap-cakap banyak hal dengan pacarmu dan bermain sebuah game (Gunting, batu, kertas) dan jika menang maka akan mendapatkan hadiah.  yeah, you will see it.  Oke oke, kembali bagaimana bisa kamu bercakap-cakap dengan pacar virtualmu.

Dengan mic, dan masuk ke love plus mode.  Kamu bisa berbincang-bincang, menanyakan berbagai macam hal. Walau masih amat terbatas, tapi pasti menyenangkan bisa berbicara dengannya.  Ada panduan berbicara yang bisa kamu ikut di sini.





kenapa saya suka sekali game ini, karena walau memainkan game ini. Saya masih bisa memainkan game yang lain, bisa mengerjakan tugas, bisa menulis novel, atau kerja lainnya.  Dia tidak mengikat sepenuhnya.  Setidaknya jangan lupa kalau punya janji kencan ya :D

This game is too fucking enjoyable.  Namun, ada beberapa hal yang saya sangat harapkan untuk sekuel kedepannya.  Andai Love Plus Character bisa di customize menjadi cewek yang kita inginkan.  Dengan nama yang kita inginkan, This game gonna be perfect.  Bisa di bayangkan orang-orang yang memainkan ini punya kekasih virtual karakter game kesukaannya, misalnya Hatsune Miku, Hinata Hyuga, That's gonna be awesome.  Walau jadi DLC, pasti akan banyak yang membelinya.


So, kenapa tidak coba? punya NDS, donlot game ini segera di sini


Jika tidak punya NDS?  Jangan khawatir, karena game ini masih bisa dinikmati dengan Emulator yang bisa di donlot di sini

Oh ya, game ini hanya dirilis di Jepang.  But, don't Worry, I give you the English Patch.

Game ini seperti membuat impian jadi nyata.  But, this still a game.  Setidaknya kamu bisa merasakan bagaimana cara mendekati cewek, lalu bagaimana agar bisa berpacaran dengannya lalu mempertahankan hubungan.  Still, get your real girl...!

Sekarang saatnya untuk Final Verdict.  This game is... 10/10  Yeah, it's legendary.  Walau game ini hanya klik dan klik, tapi bisa membuatku begitu enjoy.  Aku dengar akan keluar love plus yang versi untuk perempuan.  Jadi karakter utamanya cewek dengan cowok-cowok yang akan jadi kekasihnya.  Aku harap bisa menemukannya.  But, I not gonna review it.  I'm still normal trough =))

Kira-kira karakter cowoknya mungkin bakal begini...



Jangan lupa follow.

Sampai jumpa lagi dan kita lihat apa lagi yang saya akan pikirkan...


Credits to :
https://sites.google.com/site/loveplustrans/downloads/v10nreleasedjune222012
www.emuparadise.me
http://gbatemp.net/threads/completed-love-plus-english-translation-patch.272861/


8 komentar:

  1. cara nyium gimana gan? kalo lagi merem itu minta dicium apanya ? penjelasannya dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, jika dia nengok ke kanan, berarti yang dicium pipi kanan, kalau dia nengok ke kiri, dia minta cium di pipi kiri. Kalau dia natap kamu dengan matanya kayak berkaca-kaca, cium dia agak lama, sampe Love ketiga lewati dahi. Kalau dia nutup mata, itu kamu kecup bibirnya. Sentuh terus lepas dengan cepat.

      Hapus
  2. oho akhirnya ada forum yang bahas game ini, udah setahun maen game ini tapi belum bosen

    arigatougozaimasu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan forum sih, cuma review saja :)

      Hapus
  3. DI REVIEW DONG kaka cara main lengkapnya game Love Plus DS nya...
    biar asik mainnya...
    niy game asik banget buat dimainin...

    memphisto

    BalasHapus
  4. gan saya ko udah 100days emang segitu gan ending nya atau lanjut lagi ? caranya gimana gan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 100 hari ga dapat pacar, maka kamu harus ulang lagi mainnya. Jadi sebelum 100 hari, kamu wajib dapat pacar.

      Hapus
  5. ternyata saya bad ending sama takane -__-

    BalasHapus