Selasa, 28 Mei 2013

Bullshit Episode 3 : Game Bajakan!?

Beberapa waktu yang lalu saya bicarakan ini sama teman-teman saya di Le Chateau de Phantasm tentang game bajakan.  Well, selama saya hidup dan main game.  Saya belum pernah sekalipun beli game Original, karena dulu saya sama sekali.  Lebih tepatnya saya tidak tahu sama sekali bahwa kaset game yang saya beli tersebut adalah Bajakan.


Game Bajakan itu ada di mana-mana, apa lagi tempat yang seperti di Balikpapan.  Saat saya sempat bertanya soal game Original, di toko langgananku cuma menjual 10 game Original.  Jadi untuk bisa mendapatkan game Ori di kotaku amat sangat sulit. Mungkin bisa jika saya pesan online.

Saya sebagai orang yang juga berkarya jelas, tidak suka namanya pembajakan.  Aku coba membayangkan andai karya novelku dibajak orang lain. Pasti menyakitkan, apa lagi itu novel baruku.  Para Game Developer sudah bersusah payah membuat game-game tersebut.  Tentu kita setidaknya memberi apresiasi dengan membeli game originalnya?

Yang jadi masalah adalah akses terbatas.  Bayangkan andai saja tidak ada game bajakan, saya ga akan bisa memainkan game-game tersebut sekarang. Apa lagi orang tuaku tidak akan mau membelikan kaset dengan harga mencapai 300 sampai 500 ribuan sementara game Bajakan bisa saya beli hanya dengan harga 10 ribu rupiah.

Hanya saja, walau begitu saya juga merasa agak segan sebenarnya. Karena itu saya sekarang fokus untuk main game-game lama era Super Nintendo, Nintendo, PS 1, PS 2, Sega Genesis, Sega Megadrive, Nintendo 64, pokoknya Old School Console lah dan saya memainkannya di emulator.  Tapi, itu kan pembajakan? Saya ambilnya gratis?

He eh, memang benar.  Tapi, game tersebut tidak lagi jadi patokan hidup para developer game-nya.  Karena itu game lama.  Game tersebut bahkan tidak jadi persoalan lagi bagi mereka andai saya donlot.  Apa lagi donlot Super Mario Bros untuk Nintendo.  Karena itu saya fokus review game-game lama yang tidak banyak dimainkan orang, apa alasannya? Karena saya mau orang lain tahu, bahwa ada game-game bagus yang kita tidak perhatikan.  Seperti game Hagane, itu game langka sekali bahkan di buat dalam katrid terbatas.

Oke, Rachman Imron ketua dari developer Digital Happiness pun mengatakan kalau pembajakan karya di Indonesia ini banyak sekali, apa lagi game.  Di mataku sih, Soal pembajakan game di Indonesia ini memang bukan hal aneh lagi. Malah amat lazim, namun ini juga berdampak baik bagi orang-orang di sini.  Game-game lama masih banyak dijual di toko-toko game.  Bahkan saya kadang nemu yang bener-bener Obscure saat jalan-jalan ke toko game di kota saya.

Salah satu yang menurut saya baik soal pembajakan game di Indonesia adalah, orang-orang yang punya uang terbatas pun bisa menikmati game tersebut.  Jadi apa yang sebaiknya diperbuat untuk hal-hal seperti ini? Well, for me... pembajakan ini saya tidak bisa menantangnya, apa lagi sampe sekarang satu-satunya karya original yang saya beli adalah game DreadOut.  Saya masih sebel banget ada sebuah blog yang mengatakan, akan share link gratis jika game full rilisnya keluar.  Woy, beli Woy!


Sudah begitu banyak game gratis yang saya kerjanya cuma donlot dan donlot.  Tapi, setelah mendengar game DreadOut, saya merasa ini saatnya untuk saya mulai membeli game Original.  Setidaknya aku bisa memulainya.  Sayangnya, game-game original yang dijual di toko-toko cenderung untuk konsol terbaru, sementara konsol terbaru di rumah saya cuma PS2 dan baru nabung buat PS 3 :p jadinya super repot.

Hal seperti ini tidak akan ada habisnya jika terus dibicarakan. Mungkin di masa depan nanti, para penikmat game, anime, manga, movies, dan lain-lain yang hanya bisa membelinya dalam bentuk bajakan.  Maka dia harus menunggu lebih lama untuk bisa mendapatkannya, mungkin setahun atau dua tahun setelah game tersebut dirilis.  Setidaknya dengan begitu, para pembeli original sudah bisa membelinya lebih dulu.  Jadi dengan kata lain, game tersebut sudah out to date untuk menjadi patokan developer untuk mendapatkan uang untuk menghidupi diri mereka sehari-hari.

 So, jika kita ada di sebuah lingkungan di mana game-game original itu bisa tercapai alias bisa dibeli. Maka berusahalah untuk membelinya.  Karena, jika kita menyukai sesuatu maka kita harus rela berkorban untuk mendapatkannya. Saya bercita-cita suatu saat jika saya sudah bekerja, saya akan sisihkan uang saya untuk update game-game original setiap bulannya.  Di mana saya hanya donlot atau beli game-game bajakan untuk game-game lama saja.


Itulah Rant saya soal game Bajakan yang menjamur di sekitar kita.  Mari kita saling menghargai pendapat.  Sampai jumpa di episode Bullshit selanjutnya. :3

3 komentar:

  1. game asli itu mahal banget sih ... klo mau beli enggak bisa sembarangan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah... memang perlu perhitungan. Karena itu finansial dan segala macamnya mesti dipersiapkan.

      Hapus
  2. Saya punya xbox 360 go pro saya beli kaset bajakan di mall balikpapan pas saya mau maenin kaset nya gk bisa di jalankan saya maenkan game saya yang udah 7 tahun gak saya mainin malah bisa saya bingung jadi nya . tolong saran nya

    BalasHapus