Sabtu, 16 Maret 2013

Bullshit Time! Episode 1 : Cheating!

Yeaah, saya punya program setiap posting 10 entri tentang review-review saya pada segala macam hal.  Kali ini saya bawa kalian ke sesuatu yang lain.  Yaitu Bullshit Time!  Ini adalah semacam postingan yang tidak fokus, kadang cuma sebuah rant yang tidak jelas.  So enjoy my bullshit dan jangan anggap terlalu serius.

CHEATING!






Saya akan ngaku pada kalian semua, bahwa saya cheater.  Nope, bukan Cheater peselingkuh? Bukan! Dibilangin, bukan! Gamer itu setia pada pasangan, bro. :D

Well, Saya adalah cheater, hampir semua game saya pernah cheat.  Banyak yang bilang cheat destroy gaming Experience.  Tapi, buatku tidak.  Yah, memang sih kadang ada juga cheat yang merusak fun factor dalam game.  Seperti cheat uang di Harvest Moon, jelas saja itu amat merusak gameplay, karena game ini adalah mencari uang untuk menuju kesuksesan.  Kalau saya kadang juga Cheat untuk Harvest Moon, tapi yang saya cheat adalah persentasi dari tools, seperti Kapak dan Palu.  Dua Tools itu sulit naik karena cukup jarang digunakan. Sementara untuk menghancurkan batu besar dan kayu besar harus upgrade alat ini.



Saat cheat, kadang kita harus perhatikan bahwa apa cheat tersebut apakah akan merusak Fun Factor atau tidak.  Saya berusaha memilih cheat untuk menghilangkan stres.  Kalian pernah main Legend of Legaia?  Salah satu cara mendapatkan egg legendaris adalah harus level 99, yeah, apa kamu cukup mau untuk menghabiskan waktu naikin level sampe 99? Legend of legaia itu salah satu game yang level up-nya paling nyiksa. Di sanalah Cheat sebaiknya digunakan.



Selain itu saya juga sering menggunakan cheat No Random Battle.  Cheat agar tidak ada musuh yang menyerang tiba-tiba seperti di dalam game-game Suikoden, Golden Sun.  Saya pake ini agar tidak membuang banyak waktu untuk eksporisasi.  Jika sudah mau progress lagi, yah cheat-nya dimatikan lagi. Bagaimana pun kadang Random battle itu salah satu fun factor dalam game.  Tapi, coba bayangkan dimana p kamu harus cepat-cepat ke pergi suatu tempat tanpa fast travel dan setiap beberapa langkah harus lawan musuh yang tidak tahu muncul dari mana dan yang mana cari gara-gara?



Jadi kadang juga cheat itu dibutuhkan.  Dari pada Stress karena game tersebut.  Tapi, saya sih kebanyakan cheat game RPG di mana yang salah paling cari adalah ceritanya.  Jadi game tersebut tidak terlalu membuat saya merasa salah untuk Cheat.  Seperti Persona 2, dimana kita harus kumpulkan tarot?  Itu nyebelin.  Jadi dari saya capek, mending saya pake cheat punya semua tarot.  :D


Cheat untuk mempersingkat waktu permainan pada suatu hal yang monoton.  Pastinya jenuh kalau kita harus melakukan yang sama berulang-ulang, bukan?  Seperti terus membunuh musuh demi mendapatkan soul di Castlevania Aria of Sorrow?  That punishing!


Menghabiskan waktu mengumpulkan soul di game itu benar-benar akan membuatmu over jenuh.  Game tersebut bisa dimainkan nanti, sementara waktu tidak akan kembali.  Jadi mayoritas waktu kita terbuang percuma, bukan? Untuk bunuh musuh berulang-ulang? Oke, memang bisa naik level, tapi musuhnya itu terus-terusan? whaw, you are hardcore.  So, apa solusinya? Inilah kenapa ada Game Genie, Gameshark, Action Replay, Code Breaker dan segala macam cheat engine yang ada. 


Setidaknya ini semua yang membantu saya untuk menyelesaikan game-game yang bikin frustasi seperti Batman origins (Yang masih di NES), melengkapkan Persona di Persona 2, melengkapkan Soul di Aria of Sorrow.  Well, cheat tidak selalu buruk asal tidak merusak gameplay-nya. 

Itulah pendapat saya tentang Cheat di dunia game.  Jangan merasa bersalah karena kamu cheat pada game.  Kadang itu diperlukan dari pada menghabiskan waktu, karena waktu tidak bisa kembali.  Terima kasih sudah membaca bullshit-ku ini.  Ini hanya pendapat pribadi.  I hope you enjoy it.

Sampe jumpa di episode bullshit selanjutnya. 


4 komentar:

  1. Balasan
    1. Yups, gunakan cheat saat memang diperlukan. Digunakan untuk menambah fun factor dan menghilangkan depressi, bukan sebaliknya. :3

      Hapus
  2. ane malah jarang pake cheat karena nge-set gamesharknya sebelum mainin gamenya ngerepotin~ :v

    tapi untuk Harvest Moon ak pake cheat biar air dalam gayung itu ga habis2 :))

    -ivon-

    BalasHapus
  3. Saya berkunjung pak di blom bapak :v
    Dari kelas 7.4 Smpn 6 Balikpapan :D

    BalasHapus