Selasa, 18 Juni 2013

What Zen Thinks about The Firemen (SNES)?

Bayangkan jika kau jadi seorang pemadam kebakaran yang menghadapi api-api dari berbagai macam bentuk?



The Firemen
Published by Human Entertainment
Platform in Super Nintendo

The Firemen menceritakan tentang Pete, seorang pemadam kebakaran yang mencoba untuk menolong orang-orang yang terjebak di dalam kebakaran menghadapi berbagai macam bentuk api dan kemampuan khusus api tersebut bersama seorang sidekick yang benar-benar membantu.

Pete dan Danny harus menjalani perjalanan berbahaya di dalam sebuah gedung terbakar.  Dengan sebuah tas yang punya unlimited water, Danny dengan Kapak-nya. Mereka berdua harus menyelematkan orang-orang yang terjebak di dalam gedung terbakar tersebut.


Sekarang mari kita mulai dari grafik.  Grafik di game ini impressive.  Semua tampak berbentuk jelas dan mudah dimengerti bentuk-bentuknya.  Api-api yang menjadi musuh pun bervariasi.  Tidak sekedar api biasa.  Tapi tipe dan jenisnya punya kekuatan yang berbeda.

Gameplay, kau mengontrol karakter Pete, seorang senior pemadam kebakaran.  Kontrol dalam game ini fluid dan juga nyaman.  Pergerakan dirinya bisa dikontrol dengan baik.  Dia bisa lock arah tembakannya sesuai keinginanmu dengan menggunakan tombol R atau L.  Dia bisa mengeluarkan bom air, sementara Danny juga jadi sidekick yang amat keren.  Mungkin saya bisa bilang Danny salah satu best side kick yang pernah saya lihat.  Dia tidak perlu dilindungi, dia bergerak pintar, dia dengan kapaknya juga amat kuat menghadapi musuh yang ada dan dia selalu membantu membuka pintu juga navigasi.

Api-api yang berbentuk variatif.  Sebenarnya tidak cuma api, robot-robot yang terbakar dan menggila di ruang terbakar juga salah satu musuh yang harus kau hadapi.


Pete bisa tiarap, ini berguna untuk melewati rintangan dengan merayap di bawahnya dan menghindari ledakan. Jadi jika terjadi ledakan, dengan tiarap akan membuat karaktermu tidak terkena ledakannya.  Game ini walau presentasi dan gameplaynya bagus.  Tapi, ini juga salah satu game penuh tantangan yang pernah ada.  Itu dikarekan dua hal.  Pertama adalah Time limit dan yang kedua adalah limited continues (no save point)


Kamu pun harus menjelajahi banyak tempat dan dilakukan dengan cepat dan evisien.  Saya agak kecewa dikarenakan tidak ada power up yang membantu sepanjang perjalanan.  Satu-satunya untuk menambah darah hanyalah orang-orang yang kau selamatkan.  Saya berharap di sini kita bisa kumpulkan uang misalnya, lalu membeli pompa air yang lebih kuat misalnya.  Namun, game ini lebih linear.

Boss battle? Epic, setiap boss punya cara unik sendiri mengalahkannya.  Seperti layaknya api lain.  Game ini memberi dua pilihan untuk menembakkan air, rendah atau lurus.  Renda untuk mematikan Api yang merayap di lantai, sementara yang lurus untuk api yang tinggi.


Musik di game ini sangat bagus.  Mempresentasikan game dengan baik, bergelora dan penuh semangat. Agar semangat memadamkan api-api tersebut.  Semakin jauh perjalanan, game ini semakin menantang dengan tipe api yang semakin unik.

Sekarang sudah saatnya untuk Final Verdict, The Firemen saya berikan 8/10 It's awesome game!

Cobalah dengan mendonlot ROM-nya di sini.

Oh ya, karena game ini adalah game Europe, jadi gunakan Setting PAL, oke ;)

Terima kasih sudah mau membaca review ini dan jangan lupa dengarkan apa yang dikatakan Yui di samping.
<<==

Sampai jumpa hingga saya memikirkan sesuatu yang lain lagi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar